Kegiatan


BNPT: Pemuda Harus Di Barisan Terdepan Dalam Merawat Pancasila

Bogor, FKPT Center - Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung, mengingatkan peran penting yang dimiliki generasi muda untuk ikut dalam mengisi pembangunan negeri. Termasuk dalam merawat Pancasila, ia meminta pemuda siap menjadi garda terdepan.

"Jangan sedikitpun terpesona dengan ideologi trans nasional seperti keinginan mendirikan kekhilafahan di Indonesia," kata Andi Intang, Kamis (25/6/2020).

Ia menekankan, kelompok pelaku terorisme saat ini masih menjadikan generasi muda dan perempuan sebagai target utama perekrutan anggota baru sebagai wujud regenerasi di tubuh organisasinya. Salah satunya melalui media sosial dengan menarasikan sikap antiPancasila dan NKRI sehingga melemahkan rasa cinta tanah air.

"Oleh karena itu saya minta pemuda siap menjadi garda terdepan dalam upaya merawat Pancasila," tegas Andi Intang.

Perempuan asli Makassar ini juga mengatakan, pemuda harus menyadari bahwa secara horizontal Indonesia menunjukan fakta kemajemukan yang terdiri dari keragaman suku bangsa, agama, adat istiadat, budaya dan perbedaan unsur-unsur kedaerahan.  Pluralitas ini bisa menjadi modal sosial dan kultural yang sangat tinggi nilainya, dan bisa menjadi perekat jika semua komponen masyarakat bisa mengelolanya. "Maka pemuda jangan termakan provokasi yang memanfaatkan isu pluralisme di Indonesia. Sebaliknya, jadikan kemajemukan itu sebagai modal untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," tandasnya.

Untuk dapat menjadi garda terdepan dalam merawat Pancasila, masih kata Ani Intang, generasi muda harus mampu meliterasi dirinya dengan informasi-informasi positif serta memperkaya diri dengan wawasan dan jejaring sosial yang luas. Aktualisasi diri terhadap Pancasila juga disebutnya dapat dilakukan agar pemuda mampu meresapi setiap isi dan makna yang terkandung di dalamnya.

"BNPT menggelar lomba pidato Pancasila dengan tujuan aktualisasi diri masyarakat.  Ikuti lomba ini, gali dan ungkapkan pemahaman kalian tentang Pancasila, sehingga rasa memiliki terhadap dasar negara ini tidak akan pernah luntur," pungkas Andi Intang.

Lomba Pidato Pancasila digelar oleh BNPT untuk kalangan pelajar SMA, Mahasiswa, serta santri dan santriwati. Lomba ini memperebutkan hadiah total 50 juta rupiah.

Informasi lengkap tentang pelaksanaan lomba bisa diperoleh di: https://fkptcenter.or.id/dokumen.php?category=48

Pendaftaran dapat dilakukan di: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf50QnUK361_c5YHZpOiE1Zi3yuC7WQFz3sDRAbIEu03-FO8Q/viewform